Write For Us

愛在有晴天 (印尼語字幕):守望 / (Bahasa Indonesia) Hubungan Erat

E-Commerce Solutions SEO Solutions Marketing Solutions
26 Views
Published
(Bahasa Indonesia)
Hubungan erat di lingkungan itu tampaknya mulai menghilang menyusul perkembangan urbanisasi yang sangat cepat. Namun, di beberapa desa di Wilayah Baru, hubungan erat seperti ini di antara penduduk desa masih bisa ditemukan.


Pang Ching, yang sudah tinggal di Kwu Tung selama 40 tahun, menjaga hubungan dekat dengan tetangga-tetangganya. Orang-orang di lingkungan itu akan saling mengunjungi selama festival, dan saling berbagi hasil bumi mereka. Pang sangat peduli terutama kebutuhan para lansia di lingkungannya, karena itu, dia berpartisipasi dalam program pengiriman kotak makan yang diadakan oleh Pusat Kesehatan Komuni Lansia Lutheran di Kwu Tung; para sukarelawan akan mengirim kotak makan ke rumah-rumah para lansia. Kapan saja ada acara, Pang akan melibatkan para lansia sebagai sukarelawan. Namun, hubungan erat antar penduduk desa akan segera berakhir karena Perencanaan Area Pengembangan Baru Wilayah Baru Timur Laut. Semua rumah tinggal di area tersebut harus dihancurkan, dan penduduknya akan dipindahkan ke rumah susun.
Banyak penduduk lansia di desa menghabiskan hidup mereka di desa itu, penempatan ulang membuat mereka merasa tidak aman dan takut. Beberapa lansia menghabiskan waktunya seharian di rumah karena mereka takut tersesat. Untuk membantu tetangga-tetangganya yang dulu, Pang bergabung dengan program yang diadakan oleh Musyawarah Gereja Lutheran Evangelis Hong Kong. Program ini tidak hanya mengirimkan sup ke tiap rumah, para sukarelawan juga memperkenalkan komunitas baru kepada para lansia, agar mereka bisa cepat beradaptasi.




Informasi siaran:
16-05-2022, Senin, 0700-0730


在城市中,守望相助的鄰里關係,雖然已不復再,但在部分新界鄉村中,仍保留了這份人情味。

在古洞居住了40年的彭貞,與鄰居和睦地處,每逢節慶互相拜訪,收成農作物又互相分享。她特別關注年老鄰居的需要,因此參與了古洞靈合長者中心的派飯服務,接載義工送飯到長者家中,每當中心舉辦活動,她都擔任義工照顧長者。不過,古洞的鄰舍關係,將要告終。因為新界東北發展計劃,村民的居所將被清拆,而彭貞與鄰居亦會分散在不同的屋邨生活。

老村民終生在鄉村生活,上樓居住的一切,令他們感到陌生及恐懼。有長者因懼怕迷路而終日留在家中。為了協助老鄰居,彭貞參與了香港路德會的活動,除了送湯上門表達關心外,亦會帶長者在社區中四周看看,好讓長者儘快適應新的居住環境。

主持:勞嘉怡 Yuki Lovey



播映日期:16-05-2022, 星期一, 0700-0730
Category
문화 - Culture
Tags
古洞, 守望, 愛在有晴天
Sign in or sign up to post comments.
Be the first to comment