Write For Us

陪我講 (印尼語字幕):完美・不完美 / (Bahasa Indonesia) Ketidaksempurnaan yang Sempurna

E-Commerce Solutions SEO Solutions Marketing Solutions
40 Views
Published
(Bahasa Indonesia)
Episode 3 “Ketidaksempurnaan yang Sempurna”
Tamu: WONG Yan-lung X CHENG Chung-yan

WONG Yan-lung adalah Ketua Komite Penasihat Kesehatan Mental. Pekerja sosial CHENG Chung-yan selama ini telah memperhatikan bagaimana layanan rehabilitasi mental swadaya masyarakat melengkapi layanan Pemerintah selama bertahun-tahun, dan dia adalah orang berpengalaman. Dari sistem pemerintahan hingga swadaya masyarakat, WONG dan CHENG menjadi “Teman Sehari”.

Beberapa orang bisa maju dan berubah, dan beberapa orang dapat menjadi diri mereka sendiri, sehingga kedua tipe ini layak untuk dihargai dan mereka adalah orang yang sempurna. Di sisi lain, orang memiliki masa-masa sulit dan masa-masa terluka, dan mereka memiliki banyak keterbatasan, dan dengan demikian, mereka harus menerima ketidaksempurnaan mereka sendiri.

Ruby adalah guru melukis dengan gangguan kepribadian disosiatif, dan dia mengalami gangguan kepribadian disosiatif menjadi kepribadian yang berbeda karena trauma masa lalu. Dia menggunakan seni untuk menyembuhkan rasa terluka nya, mengungkapkan kata-kata dalam hatinya, dan membiarkan kepribadiannya yang berbeda menampilkan dirinya dan mengekspresikan dirinya.

Pacar CHENG Chung-yan, Edith, juga seorang pekerja sosial, dan dia juga pernah mengalami depresi. Edith juga mengeksplorasi perawatan kesehatan mental dengan menghargai dan menggambar lukisan, lalu melangkah keluar dari depresi.

Ruby mengajari WONG Yan-lung, CHENG Chung-yan, dan Edith menggambar lukisan jari pastel. Selama proses tersebut, pentingnya perawatan kesehatan mental dapat diangkat dari perspektif seseorang yang berpengalaman. WONG mengungkapkan bahwa dia juga seorang perfeksionis yang memiliki tuntutan tinggi pada dirinya sendiri saat dia masih di sekolah. CHENG berbagi rasa terlukanya yang disebabkan oleh perfeksionismenya. Ternyata kaligrafi, fotografi, dan lukisan bisa membuatnya melupakan kekhawatirannya dan keluar dari kabut masalah.

Mereka berempat minum teh bersama setelah melukis. Mereka berbicara tentang pengalaman perawatan medis mereka sebelumnya dalam sistem pemerintah, tapi sekarang mereka telah belajar cara bergaul dengan diri mereka sendiri.

Sistem pelayanan pemerintah memiliki ketidaksempurnaan, dan perlu bekerja dengan orang-orang berpengalaman dan masyarakat untuk membangun masyarakat yang sehat secara fisik dan mental.


Informasi Siaran:
15-11-2021, Senin, 0630-0700



第三集【完美・不完美】
嘉賓:黃仁龍X鄭仲仁

黃仁龍是精神健康諮詢委員會主席。復元人士兼社工鄭仲仁多年來推動民間的自助運動,倡議改革服務制度,並與政府的服務互補。從制度到民間自助,黃仁龍和鄭仲仁,做了「一日的朋友」。

每個人都可以成長和轉化,都可以做回自己,所以都是值得欣賞、完美的人;另一方面,每個人都有困擾和受傷的時候,也有很多限制,所以要接納自己的不完美。

情侶Ruby和浩天都是復元人士。Ruby是繪畫導師,因曾經有解離症的經歷,她透過藝術來療癒自己的傷痛,表達自己的心聲,也讓不同的人格呈現自己、表達自己。

Ruby帶來了繪畫物料,她和黃仁龍、鄭仲仁、浩天一起繪畫,繪畫過程中,各人分享心靈保健的重要性。黃仁龍會透露讀書時也是一位對自己要求很高的完美主義者,鄭仲仁會分享自己因完美主義而產生的傷痛,但原來品茶可以讓他忘憂,走出困擾的陰霾。

每個制度都有不完美的地方,只要打開心窗,制度和民間的力量一起合力,就可共建身心健康的社會。


播映日期:15-11-2021,星期一,0630-0700
Category
문화 - Culture
Tags
Shall We Talk, 完美不完美, 情緒健康
Sign in or sign up to post comments.
Be the first to comment