Write For Us

陪我講 (印尼語字幕):就當重新手拖手去上學堂 / (Bahasa Indonesia) Kembali ke Sekolah

E-Commerce Solutions SEO Solutions Marketing Solutions
24 Views
Published
Episode 7 “Kembali ke Sekolah"
Pemandu Acara: Vivian KONG

Di lantai aula sekolah dasar terdapat sebuah gambar yang dibagi menjadi empat bagian: dua yang di atas, satu adalah wajah bahagia juga bersemangat dan satu lagi adalah wajah marah; dua yang di bawah, satu adalah wajah tertekan dan muram, lalu satu lagi adalah wajah yang tenang dan tenteram.

“Anak-anak, apa yang kalian rasakan saat ini?”

Vivian KONG dan sekelompok siswa tahun kedua sekolah dasar, masing-masing berlari ke area yang berbeda. Beberapa siswa melompat-lompat di salah satu area dengan bersemangat, lalu instruktur mengambil kesempatan itu dan bertanya, “Apa yang membuat kalian begitu bersemangat hari ini?” Semuanya berteriak, “Liburan musim panas segera tiba!” Instruktur bertanya, “Bagaimana denganmu, Vivian?” “Aku masih harus berlatih anggar setiap hari.” Anak-anak itu langsung memeluk sang juara dunia anggar putri itu dan berteriak, “Bertahanlah!” Vivian, yang mudah menangis, langsung meneteskan air matanya.

Dia adalah Rita CHING, sang instruktur, yang membawa pelajaran sosial-emosional ke sekolah dasar ini. Melalui pendekatan permainan dan aktivitas, dia bertujuan agar siswa sekolah dasar mengenali, mengekspresikan, dan menempatkan emosi mereka, serta belajar berkomunikasi juga bergaul dengan orang lain. Sama seperti “Botol Senyap” yang dibuat oleh para siswa, orang-orang secara bertahap akan merasa tenang ketika menyaksikan gliter tujuh warna di sana perlahan-lahan tenggelam. Vivian mengakui bahwa dirinya sedang mencari cara untuk menyesuaikan diri dengan emosinya.

Vivian adalah siswa berprestasi yang berperilaku baik sejak dia masih kecil, tetapi dia takut tidak dapat memberikan yang terbaik. Dia memberi banyak tekanan pada dirinya sendiri sampai dia belajar anggar, yang mengurangi dan memecahkan tekanan akademis. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, setelah menjadi atlet penuh waktu, dia menghadapi ekspektasi semua orang, juga mengalami masalah cedera, tekanan, dan emosi. Vivian memberi tahu Rita bahwa dirinya tidak tahu cara mengungkapkan perasaannya, jadi dia hanya bisa menyimpannya di dalam hatinya. Rita juga menceritakan bahwa dia bekerja keras demi kariernya dan tenggat waktu terkadang membuatnya lelah serta mudah membuat dirinya menyerah.

"Jika ingin mendengarkan emosimu, kau harus mulai dari diri sendiri dan mengenal dirimu sendiri. Ini adalah pekerjaan rumah seumur hidup setiap orang: cintailah dirimu sendiri dan perlakukan dirimu dengan baik.”



Mereka terus berbincang dan Vivian meneteskan air mata lagi. Rita meletakkan tangannya di bahu Vivian dan kedua wanita tangguh itu menunjukkan dukungan mereka satu sama lain.
Informasi Siaran:

13-12-2021, Senin, 0630-0700

第七集【就當重新手拖手去上學堂】
主持:江旻憓

小學禮堂的地板上,貼了一大幅分為四格的圖畫:上方兩格,一格是開心、興奮的臉,一格是憤怒的臉;下方兩格,一格低迷、沉鬱,一格冷靜平和。

「各位同學,這一刻,你們的心情如何呀?」

江旻憓Vivian與一班小學二年級同學,各自跑到不同的格上。幾位同學在興奮的一格上跳來跳去,導師乘機追問:「咦,今日有什麼事令你們那麼興奮呢?」大家異口同聲地大叫:「快放暑假了!」導師問:「Vivian呢?」「我還是要每天練劍喔。」小朋友立即簇擁着這位世界女子劍擊冠軍,大叫「加油呀!」易哭的Vivian眼睛頓時紅了起來。

把社交情緒課程帶入這所小學的,是導師程沛玉Rita。她透過遊戲、活動教學,讓小學生認識情緒、表達情緒、安置情緒,學習與人溝通和相處。就如同學們親手製作「安靜瓶」,看着七色閃粉緩緩沉下,人也漸漸放鬆。Vivian坦言,自己在尋找與自己情緒相處的方法。

Vivian自少品學兼優,卻害怕不能把事情做到最好,給自己很大壓力,直至學習劍擊,便減輕和分散了讀書的壓力。然而,前幾年,她開始投身全職運動員的行列,面對眾人的期望,面對纏繞不斷的傷患、壓力和情緒。Vivian跟Rita說,自己總是不懂如何把感受表達出來,只能悶在心中。Rita也分享道,自己為事業打拼,期限有時會令她透不過氣,很容易把自己逼壞。

播映日期:13-12-2021,星期一,0630-0700
Category
문화 - Culture
Tags
Shall We Talk, 小朋友, 情緒健康
Sign in or sign up to post comments.
Be the first to comment