Write For Us

陪我講 (印尼語字幕):小家屬 / (Bahasa Indonesia) Sang Anak

E-Commerce Solutions SEO Solutions Marketing Solutions
32 Views
Published
Bahasa Indoneisa)

Episode 4 “Sang Anak”
Tamu: WONG Yan-lung, Apple, Jan
“Selama ini, aku selalu menjagamu. Tapi siapa yang akan menjagaku?”
Sejak Apple masih muda, dia sudah tahu ibunya sakit mental. Ayahnya selalu melecehkan ibunya dan dirinya secara fisik, dan bahkan berselingkuh, yang menyebabkan kondisi ibunya makin tidak stabil. Ibunya telah mencoba bunuh diri berkali-kali. Saat Apple masih siswa SMP, dia bertekad melindungi dan merawat ibunya seumur hidup, dan takkan pernah meninggalkan ibunya.
Setelah orang tua Apple berpisah selama bertahun-tahun, ayahnya menyusup ke dalam kehidupannya dan ibunya lagi. Di rumah sakit, Apple mengancam ibunya, yang penyakit mentalnya kambuh, untuk memilih salah satu dari mereka - pria yang telah meninggalkan mereka, atau putrinya yang selalu berada di sisinya dan merawatnya dengan cermat. Ibunya memilih yang pertama, membuat Apple merasa benar-benar hancur. Dia membuat pernyataan kuat, “Selama ini, aku selalu menjagamu. Tapi siapa yang akan menjagaku?” Kemudian dia meninggalkan rumah sakit. Sebagai seorang pengasuh, yang selalu kuat, dia pingsan dan menjadi pasien penyakit mental.
Saat Apple berada di titik terendah kehidupannya, dia didampingi dan dibantu pekerja sosial, Ny. KWUN dan sekelompok perwakilan, sehingga dia bisa keluar dari kegelapan secara bertahap. Dia telah belajar untuk menghormati orang dengan penyakit mental dan membiarkan mereka tumbuh. Dia juga mengerti bahwa menemukan kembali kepercayaan diri dalam hidup itu sangat penting. Dengan bantuan Ny. KWUN, Apple mengikuti kursus untuk melayani anggota keluarga pasien. Sebagai mantan penderita penyakit mental, dia berharap bisa melayani anggota keluarga pasien lainnya yang membutuhkan. Beralih dari orang yang membutuhkan bantuan menjadi orang yang menawarkan bantuan, Apple telah menerapkan prinsip "memengaruhi kehidupan dengan kehidupan".
WONG Yan-lung, Ketua Komite Penasihat Kesehatan Mental, menjadi "Teman Sehari" dengan Apple dan Ny. KWUN dan mereka pergi mendaki. Dengan terjun ke alam, mereka menghadapi gejolak emosi, dan menjelaskan kepada para peserta tentang pentingnya masyarakat “berjalan bersama, bernapas bersama, dan menghirup bersama” dengan anggota keluarga pasien penyakit mental.
Selama perjalanan mendaki, Apple mengajari WONG Yan-lung keterampilan merajut, dan prosesnya membangkitkan kenangan masa lalu yang indah bersama ibunya.
Informasi Siaran:
22-11-2021, Senin, 0630-0700

第四集【小家屬】

嘉賓:黃仁龍、Apple、官姑娘

小家屬即未成年照顧者,包括復元人士的子女。

小時候,Apple已經知道媽媽患有抑鬱症及燥鬱症,Apple立志要保護和照顧媽媽一輩子,永遠不會離棄媽媽。一直擔當照顧者的角色,家屬很多時會忘記自己的需要,照顧媽媽多年之後,Apple終於發覺自己都不抵壓力,情緒開始崩潰。幸好,天無絕人之路,當時有社工官姑娘在旁,成為Apple人生低谷中的天使。

走出陰霾後,Apple在官姑娘的協助下,修讀了服務病人家屬的課程,並希望以過來人的身分服務其他有需要的家屬,由受助者變成助人者,實踐「以生命影響生命」。

精神健康諮詢委員會主席黃仁龍與Apple及官姑娘成為「一日的朋友」,三人一同下廚煲蘋果貢梨豬肉湯,這湯正是Apple媽媽的最愛。

三人一面飲湯,一面分享社會與照顧者「同行、同呼、同吸」的重要性。


播映日期:22-11-2021,星期一,0630-0700
Category
문화 - Culture
Tags
Shall We Talk, 小家屬, 情緒健康
Sign in or sign up to post comments.
Be the first to comment