Write For Us

愛在有晴天 (印尼語字幕):聾人舞者 / (Bahasa Indonesia) Penari Yang Tak Bisa Mendengar

E-Commerce Solutions SEO Solutions Marketing Solutions
28 Views
Published
(Bahasa Indonesia)
Sulit membayangkan bahwa Jason mengalami gangguan pendengaran saat Anda melihatnya menari. Bahkan di dunia yang benar-benar sunyi, Jason ingin melawan hal yang mustahil, melompat keluar dari zona nyamannya, dan menjadi penari. Yang lebih penting dari tampil di atas panggung baginya adalah menjadi sorotan dan memperjuangkan hak-hak komunitas tunarungu.

Lahir di tahun ‘80-an, Jason Wong Yiu Pong adalah anak bungsu dari keluarga beranggotakan lima orang; di mana empat lainnya juga tuli. Namun, Jason tidak dilahirkan tuli; itu disebabkan oleh demam parah ketika dia berusia tiga tahun. Para guru di taman kanak-kanak mengetahui bahwa Jason mengalami gangguan pendengaran, dan dia kehilangan kemampuan mendengar sepenuhnya ketika berusia enam tahun. Sudah menjadi praktik umum bagi anak-anak tunarungu untuk bersekolah di sekolah khusus tunarungu, namun bahasa isyarat dilarang di sekolah, jadi, Jason hanya bisa belajar dengan membaca bibir guru. Baginya, dunia penuh dengan kebingungan di tahun-tahunnya sebagai siswa.

Jason mulai menari ketika dia berusia 20 tahun. Sulit untuk belajar menari pada usia ini, dan dengan gangguan pendengarannya, menari tampak lebih sulit. Namun Jason tidak berkompromi. Dia berusaha ekstra untuk merasakan ritme dan makna dalam musik. Melalui tarian, dia menemukan pintu menuju hatinya. Pada tahun 2014, dia memenangkan beasiswa dan belajar menari di New York. Jason mengekspresikan dirinya melalui tarian dan memasukkan bahasa isyarat dalam penampilannya untuk menjadi suara bagi rekan-rekan tunarungu lainnya.
18-04-2022, Senin, 0700-0730

看著Jason伴隨音樂投入地起舞,豈會想到他是聾人,即使活在無聲世界,他卻要挑戰不可能,跳出自己的舒適圈,成為一位聾人舞者,登上舞台表演舞蹈是之餘,最重要是站在聚光燈下,吸引大家的注視,從而為聾人社群發聲,爭取權益。

80後的Jason黃耀邦是家中的孻仔,他生於一個聾人家庭,這個五口之家,有四個聾人,可是Jason並非一個天生聾子,回想三歲時的一場高燒,似乎是他變成聾子的引發點,入讀幼稚園時,老師已察覺Jason的聽力問題,六歲時他便完全失聰。作為一位聾童進入聾校讀書,是理所當然的事,但萬萬想不到,手語卻是校內的禁忌,回想整個讀書生涯,都是靠看老師的口型來理解教學內容,所以求學時期的他很迷茫。

二十歲那年,Jason接觸到舞蹈,以這個年紀才開始習舞,也吃過不少苦頭,何況他是聾人,連半點音樂也聽不到,又怎能跟上進度呢!不愛認輸的他,付出多倍的努力,用心去感受音樂中的節奏及意思,跳舞讓他連繫自己的內心深處。2014年,他更考到奬學金,遠赴美國紐約學跳舞。Jason透過舞步釋放自我,他更將手語融入舞蹈,傳達訊息,為聾人發聲。


主持:勞嘉怡 Yuki Lovey


播映日期:18-04-2022, 星期一, 0700-0730
Category
문화 - Culture
Tags
Jason, 勞嘉怡 Yuki Lovey, 手語
Sign in or sign up to post comments.
Be the first to comment